Jamur Enoki dan Segudang Manfaatnya

Kita semua tentu tahu apa yang namanya jamur atau fungi.  Jenis jamur bermacam-macam.  Ada yang bisa dikonsumsi dan ada pula yang tidak. 

Jamur yang dapat dikonsumsi juga beragam, misalnya jamur Tiram, jamur Kancing, jamur Merang, jamur Kuping, jamur Enoki, jamur Shimeji, dan sebagainya.

Jamur Enoki atau lengkapnya Enokitake adalah salah satu jamur yang banyak dikonsumsi dan balakangan sedang digandrungi masyarakat. 

Jamur Enoki bentuknya panjang berwarna putih seperti tauge.  

Jamur ini banyak digunakan dalam berbagai masakan sup dalam masakan JepangKorea, China dan Vietnam. Selain sup, jamur Enoki juga sering digunakan sebagai bahan salad.  Bahkan jamur ini sering digoreng bersama sayuran dan daging.

Jamur Enoki mempunyai tekstur garing dan aroma yang segar. Bagian akar perlu dipotong sebelum digunakan dalam masakan. Jamur segar tahan disimpan di lemari es sampai satu minggu.

Jamur Enoki sangat mudah dibudidayakan dan sudah dibudidayakan di Jepang sejak lebih dari 300 tahun yang lalu. Di China, jamur ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati susah buang air besar.

Jamur Enoki mengandung banyak serat. Jamur ini juga mengandung banyak protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B, serta mineral. Satu mangkuk jamur mentah diperkirakan dapat menyediakan 20 kalori. Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk diet.

Jamur Enoki juga mengandung senyawa flammulin yang merupakan senyawa anti kanker dan tumor. Jamur ini juga dipercaya dapat menstimulasi sistem imun dan juga memiliki aktivitas anti viral dan anti bakteri. Selain itu, dalam jamur ini juga terdapat senyawa lain yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan juga penurun kolestrol. Penelitian juga menginformasikan bahwa Enoki berguna dalam perawatan lymphomia dan kanker prostat.

1.      Mencegah kanker

Kandungan vitamin dan nutrisinya mampu mencegah tumbuhnya sel kanker. Menurut hasil penelitian yang dilakukan Research Institute of National Cancer (1989), nutrisi jamur enoki bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker.

Dr. Tetsuke Ikekawa, ahli epidemologi dari Tokyo mengatakan,  angka penyebab kematian akibat kanker berkurang di wilayah Nagano, Jepang dibandingkan daerah lainnya. Dia menduga

kondisi ini dikarenakan daerah Nagano merupakan pusat budidaya jamur Enoki. Artinya, masyarakat di Nagano bisa jadi mengonsumsi cukup banyak jamur enoki.

Bahkan, studi yang melibatkan hewan percobaan juga menemukan bahwa jamur enoki dapat mengurangi aktivitas pertumbuhan tumor dan sel kanker hati.

Sementara dalam penelitian lainnya dari Oncology Reports juga memperlihatkan jamur enoki diduga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. 

2.      Menjaga kesehatan jantung

Jamur memiliki manfaat yang baik untuk para penderita penyakit kardiovaskular. Tingginya serat pada jamur, termasuk jamur Enoki, juga dapat membantu proses metabolisme dan mampu menyerap kolesterol lebih banyak. Sehingga jamur Enoki juga mempunyai efek menurunkan kolesterol lantaran mengandung senyawa polisakarida dan mikosterol.  Hal tersebut juga dibuktikan melalui uji coba menggunakan hamster yang mengonsumsi ekstrak jamur Enoki. Dari uji coba tersebut terlihat bahwa hamster tersebut memiliki kadar kolesterol, trigliserida, dan kolesterol LDL yang lebih rendah. 

3.      Menetralisir bahaya radikal bebas

Jamur Enoki kaya akan nutrisi dan vitamin yang memiliki manfaat yang cukup besar untuk kesehatan.  Bahkan, jamur Enoki termasuk jamur dengan kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh karena dapat membantu menetralkan radikal bebas agar Anda terlindungi dari penyakit kronis. Di dalam jamur enoki, terdapat quercetin, catechin, asam galat, dan asam caffeic sebagai antioksidan.

4.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya sel kanker, jamur Enoki juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui kandungan protein yang dimilikinya. Menurut sebuah penelitian dari frontiers in Pharmacology, kandungan protein pada jamur Enoki sebanding dengan sayuran berdaun hijau, yaitu 1.7 gram. Protein tersebut digunakan sebagai salah satu komponen yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh makhluk hidup. 

5.      Baik untuk pencernaan

Satu porsi jamur Enoki biasanya mengandung 1.8 gram serat yang baik untuk tubuh Anda. Seperti dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari makanan berserat tinggi, seperti jamur Enoki ini, yaitu: Menyeimbangkan pergerakan usus, karena serat membantu melembutkan feses sehingga lebih mudah untuk melewati usus; Menjaga kesehatan usus karena makanan tinggi serat membantu mengurangi risiko kanker kolorektal dan gangguan usus lainnya; Membantu memperoleh berat badan yang ideal lantaran serat membantu membuat seseorang kenyang lebih lama.

Jamur Enoki mempunyai manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Namun jika Anda memiliki alergi terhadap jamur tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakan jamur Enoki.  (Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat